Home Aceh Singkil Amazing, Empat Baby Island Lahir di Kepulauan Banyak Aceh Singkil

Amazing, Empat Baby Island Lahir di Kepulauan Banyak Aceh Singkil

0

SINGKIL – Kepulauan Banyak, Aceh Singkil, kedatangan tamu baru. Berupa munculnya gugusan pulau dari permukaan air laut.Sejauh ini ada empat pulau baru yang terlihat. Warga menyebutnya baby island (bayi pulau).

Salah satu yang penomenal baby island yang muncul di sekitar Gosong Sianje. Sekitar 35 menit naik speedboat dari Pulau Balai, ibu kota Kecamatan Pulau Banyak.

Baby island itu mulai terlihat pada 2017 lalu. Sebelumnya sempat hilang saat gempa tsunami.

Seiring jalannya waktu pulau kembali muncul ke permukaan air terutama ketika air laut surut. Baby island itu berupa hamparan pasir.

Wisatawan kerap mengunjunginya untuk dijadikan tempat berswafoto ria. Apalagi pada musim tertentu kawanan burung kerap singgah, sehingga menambah kecantikan pulau.

Novri pelaku wisata di Pulau Banyak, Senin (30/12/2019) mengatakan, tiga pulau mulai terlihat dua tahun lalu. Sementara satu pulau di depan Pulau Palambak, baru saja terlihat bulan ini.

“Pulau baru ada empat, satu di dekat Gosong Sianje, yang disebut baby island. Tiga lagi di depan Palambak, tadinya hanya terlihat dua. Pada Desember ini tambah satu lagi, jadi total empat,” kata Novri.

Menurut Novri, empat pulau baru itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, untuk mampir.

Sesuai namanya Kepulauan Banyak, memiliki banyak pulau.

Awalnya berjumlah 99 pualu sesuai nama asmaul husna. Pengaruh cuaca serta gempa tsunami Aceh-Nias 28 Maret 2005 berkurang.

Sejauh ini tidak pasti berapa jumlah pulau di gugusan Kepulauan Banyak. Ada yang menyebutnya 66 pulau, ada juga yang menyebut 64 pulau.

Pastinya nama Kepulauan Banyak, tak akan berubah sesuai namanya tetap memiliki banyak pulau. Dengan pesona pasir putih dan air laut biru tosca.(*)

sumber : aceh.tribunnew.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here