Pulau Sarang Alu, mungkin namanya tidak setenar pulau-pulau lain yang berada di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Pulau mungil yang satu ini pun, nyaris tak pernah dikunjungi wisatwan yang sedang berlibur di Kepulauan Banyak. Sarang Alu terletak di ujung Pulau Tuanku di Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Pulau ini, menjadi pulau terakhir di perbatasan antara Nias dan Aceh Singkil. Tapi, pulau ini masuk dalam wilayah Aceh. Potensi terpendam di pulau ini tidak perlu diragukan lagi.

Sarang Alu masuk dalam salah satu pulau tropis di Kepulauan Banyak. Karena jarak antara ibukota Kecamatan dengan pulau ini yang agak jauh, membuat Pulau Sarang Alu jarang dikunjungi.

Pulau ini menawarkan hamparan pasir putih yang lembut dan landai, dengan rerimbunan pohon kelapa yang menghembuskan angin sepoi-sepoi, yang bisa membuat penat hilang.

Bagi pecinta snorkeling, di sekitar Pulau Sarang Alu juga ditumbuhi terumbu karang, tentunya pengunjung akan di memanjakan dengan berbagai bentuk karang di bibir pantainya.

Seorang warga Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Deni Meliala, mengatakan Sarang Alu dapat ditempuh dengan jarak 1,5 jam dari Desa Haloban. Menurutnya, untuk merapat ke pulau ini, juga dibutuhkan keahlian khusus.

Sebab, kata dia, ombak di pinggir pulau ini terbilang ganas. Jika salah memainkan kemudi, akan berakibat fatal yang bisa membuat perahu terbalik. “Kalau naik speed boat paling 1,5 jam. Memang kalau mau masuk yang agak susah, karena ombaknya besar.”

Pulau ini berdekatan dengan lokasi surfing di Kepulauan Banyak, yaitu di Ujung Lolok dan Bangkaru. Pulau ini juga berdekatan dengan Pulau Sarang Gantung dan Pulau Pinang.

Untuk menuju ke lokasi ini, jika anda memulai dari Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, anda disarankan terlebih dahulu menaiki kapal penyebrangan yang terletak di pelabuhan tradisional di Pulau Sarok, untuk menuju Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat dengan jarak sekitar 4 jam 40 menit.

Namun, kapal penyebrangan ke Pulau Banyak Barat tidak selalu ada setiap hari. Minimal, jadwalnya seminggu tiga kali. Sesampainya ke desa Haloban, anda harus meneruskan perjalanan kembali ke Sarang Alu dengan jarak 1,5 jam.

Disana anda bisa mengeksplorasi keindahan Pulau Sarang Alu yang belum pernah terjamah oleh wisatawan. Jika anda bosan, anda juga bisa berkeliling di pulau-pulau lain di sekitar Kecamatan Pulau Banyak Barat. 

source : KanalAceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here